P A K U B A T U

Tidak bohonglah hati tentang apa yang di lihatnya (An-Najm-11)

Tidak bohonglah hati tentang apa yang di lihatnya (An-Najm:11)

Followers

Tuesday, September 9, 2008

Macam-macam hati 2 (Hati yang mati )

2.Hati yang mati.

Iaitu kebalikan dari hati yang sehat, hati yang tidak mengenal dengan Rabbnya, tidak melakukan ibadah sesuai dengan apa yang diperintahkanNya, dicintaiNya dan diridhaiNya. Bahkan selalu memperturutkan nafsu dan syahwatnya serta kenikmatan dan hingar bingarnya dunia, walaupun ia tahu bahawa itu amatlah dimurkai oleh Allah dan dibenciNya.

Ia tidak pernah peduli tatkala memuaskan diri dengan nafsu syahwatnya, itu diridhaiNya atau dimurkaiNya, dan ia menghambakan diri dalam segala bentuk kepada selain Allah.

Apabila ia mencintai maka cintanya karena nafsunya, apabila ia membenci maka bencinya karena nafsunya, apabila ia memberi maka itu karena nafsunya, apabila ia menolak maka tolakannya atas dasar nafsunya, maka nafsunya sangat berperanan dalam dirinya, dan lebih ia cintai daripada ridha Allah.


Orang yang demikian menjadikan hawa nafsu sebagai imamnya, syahwat sebagai komandannya, kebodohan menjadi sopinya, dan kelalaian sebagai tunggangan dan kenderaannya.

Fikirannya hanya untuk mendapatkan dunia yang menipu ini yang dibuat mabuk oleh nafsu untuk mendapatkannya, ia tidak pernah meminta kepada Allah kecuali dari tempat yang jauh.

Tidak membutuhkan (memerlukan) nasihat-nasihat dan selalu mengikuti langkah-langkah syaitan yang selalu merayu dan mengodanya.

Maka bergaul dengan orang seperti ini akan mencelakakan kita,berkawan dengannya akan meracuni kita, dan duduk dengannya akan membinasakan kita.

Tidak bohonglah hati tentang apa yang dilihatnya.(An-Najm:11)

No comments: